Sabtu, 10 Januari 2009

Anda Ingin Tampil Ramping Di Usia Tua?

Berkat teknologi kedokteran yang semakin canggih, kini para orang tua yang biasanya sudah terlihat keriput, kegemukan, atau kulitnya kusam dapat tampil tidak saja lebih ramping tetapi juga lebih bugar, lebih cerah, dan lebih muda.
Beberapa usaha yang sering dilakukan oleh pria dan wanita paruh baya untuk tampil lebih muda yaitu mulai dari teknik sedot lemak, abdominoplasty, akupunktur, bedah plastik, hingga penggunaan laser untuk kecantikan.

Teknik abdominoplasty ditujukan untuk mereka yang menderita kegemukan berlebih sehingga menimbulkan lipatan tubuh yang cukup banyak. Kulit yang berlipat itu akan sulit dibersihkan dan akan selalu lembab akibat keringat serta bergesekan satu sama lain sehingga menimbulkan infeksi kulit yang disebut dengan dermatitis intertrigino. Kondisi tersebut banyak terjadi pada wanita yang setelah melahirkan, perut mereka menjadi sangat besar, otot perut berkurang kekuatannya, dan kulit perut tidak elastis lagi, sehingga perut akan tampak menggantung dan berlipat-lipat.

Kegemukan sebenarnya dapat dicegah dengan diet yang benar, olahraga yang teratur, dan emosi yang stabil. Namun, adakalanya kegemukan sudah tidak dapat lagi diatasi dengan diet dan olahraga saja. Untuk kasus seperti itu, satu-satunya jalan keluar adalah melalui operasi, baik sedot lemak (liposuction) atau tindakan abdominoplasty, yaitu pengurangan lemak dibawah kulit perut, kemudian dilakukan pengencangan otot perut dan pengurangan kulit perut yang berlebih. Tindakan sedot lemak ternyata tidak cukup untuk mengatasi masalah itu karena dalam satu kali tindakan saja, dokter tidak dapat mengambil lemak dalam jumlah yang banyak. Selain itu, efek kulit yang ditinggalkan sangat jelek karena tidak adanya jaringan yang menopang kulit.

Beda halnya dengan tindakan abdominoplasty yang merupakan proses pembedahan. Dokter akan mengambil hampir sebagian besar jaringan lemak yang ada di perut, kemudian kelebihannya akan dibuang sehingga perut terlihat lebih langsing tanpa disertai kulit yang menggelambir. Dokter akan langsung membuang sebagian kulit yang menggelambir saat dilakukan penutupan jahitan di daerah perut yang diambil lemaknya. Proses pengambilan lemak hingga jahitan penutup memerlukan waktu sekitar 3 jam dengan masa pemulihan sekitar 3 hari. Tindakan abdominoplasty sebenarnya telah lama dikenal oleh masyarakat Indonesia, meskipun belum terlalu populer.

Pertanyaan yang sering di ajukan adalah apakah mungkin kegemukan itu akan datang kembali? Kegemukan itu tidak akan terjadi lagi karena hampir sebagian besar pasien dianjurkan untuk diet yang ketat. Namun memang ada sebagian orang yang kesulitan menurunkan berat badan, meski telah berusaha keras diet. Hal itu disebabkan karena faktor hormonal atau keturunan. Dalam melakukan diet juga tidak boleh sembarangan, sebab bila tubuh kekurangan salah satu nutrien dalam makanan akan mempengaruhi metabolisme dalam tubuh, yang dampak jangka panjangnya dapat mempengaruhi kesehatan.

Namun, semua usaha diet tidak akan berhasil tanpa disertai aktivitas fisik. Penurunan berat badan itu biasanya akan berhenti, bahkan dapat terjadi kenaikan berat badan kembali. Banyaknya suplemen yang ditawarkan di pasaran dengan janji menurunkan berat badan hingga 2 kg seminggu bukanlah suatu jaminan. Sebaiknya proses penurunan berta badan dilakukan secara alamiah dengan melakukan pengurangan asupan suplemen ke dalam tubuh.Penggunaan suplemen dapat saja menurunkan berat badan, namun harus diwaspadai kandungannya yang dapat merusak ginjal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar