Sabtu, 10 Januari 2009

Anggapan salah tentang es krim

Anggapan salah tentang es krim:

Penyebab kegemukan
Akibat komposisinya yang sarat akan energi, protein, dan lemak terutama lemak jenuh, es krim kerap dituding sebagai biang keladi penyebab kegemukan atau obesitas. Padahal, kontribusi energi es krim per takaran saji (satu cangkir) hanya sekitar 1 persen dari total kebutuhan energi dan kontribusi lemaknya per hari. Jumlah tersebut termasuk kecil, sehingga kurang pas jika es krim dituduh sebagai biang keladi penyebab kegemukan atau obesitas.

Penyebab batuk pilek
Banyak anggota masyarakat menyangka es krim sebagai penyebab batuk pilek. Hal ini sama sekali tidak benar. Sebab, ketika masuk ke mulut, es krim dengan segera akan meleleh. Pelelehan es krim dengan cepaaat dipacu oleh pengaruh suhu tubuh sehingga saat es krim masuk ke kerongkongan suhunya sudah tidak sedingin air es.

Meskipun demikian, es krim sebaiknya dihindari oleh penderita radang tenggorokan, amandel, atau asma. Ketiga penyakit tersebut dapat kambuh apabila terinduksi oleh suhu dingin.

Penyebab gigi berlubang
Penyebab utama terjadinya gigi berlubang adalah difermentasikan sisa-sisa karbohidrat, terutama gula sederhana, yang tertinggal dan menempel pada gigi. Fermentasi yang dilakukan oleh bakteri-bakteri dalam mulut adalah mengubah gula menjadi asam-aam organik yang dapat melubangi gigi dalam jangka waktu yang lama.

Nah, sepertinya hari ini adalah saat yang tepat untuk mendapatkan kembali es krim kesayangan Anda. Tapi tentunya dalam jumlah yang wajar, kan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar