Selasa, 13 Januari 2009

Cegah Keputihan

Si putih alias keputihan, meski tampaknya tidak berbahaya, namun perlu diwaspadai. Selain membuat penderita merasa tidak nyaman dan kurang pede, keputihan yang parah juga bisa memicu terjadinya kanker rahim.

Keputihan disebabkan oleh infeksi bakteri yeast di dalam saluran vagina. Jika dalam jumlah terbatas, bakteri ini tidak akan menimbulkan gangguan. Tetapi, jika berkembang biak tak terkendali akan memicu infeksi dan menyebabkan keputihan.


Sebuah penelitian yang dilakukan di Long Island Jewish Medical Center, New York, menemukan bahwa infeksi bakteri yeast bisa diatasi dengan mengonsumsi yogurt. Yogurt yang mengandung bakteri Lactobacillus acidhophilus, jenis bakteri baik, dapat mengontrol aktivitas bakteri yeast ini. Menurut Dr Eileen Hilton, ahli penyakit infeksi karean yeast di New York, mengonsumsi minuman berbahan dasar yogurt segelas sehari, dapat mencegah keputihan. Karenanya, lassi - jenis minuman khas India berbahan yogurt dan buah segar - dapat membantu kita mencegah keputihan.

TIP SEHAT:

*Kebutuhan kalsium harian adalah untuk orang Asia adalah 1.000-1.200 mg per hari. Semangkuk yogurt tawar (225 ml) mengandung 414 mg kalsium. Ini berarti telah mencukupi 40% kebutuhan kalsium per hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar