Sabtu, 17 Januari 2009

Contoh makanan probiotik n prebiotik

Perlunya probiotik dan prebiotik

Untuk menciptakan keseimbangan yang baik antara bakteri patogen dengan bakteri 'baik' perlu mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung bakteri 'baik' yang disebut makanan probiotik. Yogurth dengan bakteri hidup, kefir, tempe, kim chee, sauerkrout, miso, buttermilk, sour cream, dan cottage cheese adalah sumber probiotik yang baik. Jika perlu Anda juga bisa mengkonsumsi suplemen probiotik.

Untuk membantu menunjang perkembangan bakteri 'baik' di dalam usus, kita juga perlu mengkonsumsi makanan yang mengandung senyawa prebiotik. Senyawa prebiotik adalah nutrisi yang cocok bagi bakteri probiotik tetapi tidak disukai oleh bakteri patogen.

Senyawa prebiotik banyakt terdapat pada makanan yang kaya serat seperti biji-bijian, sayuran seperti brokoli, kembang kol, sayuran berdaun hijau, serta buah-buahan. Produk olahan kedelai seperti tahu, tempe, dan tauco juga kaya senyawa prebiotik, begitu juga tepung gandum utuh, bawang bombai, dan bawang putih.

Dengan cukup mengkonsumsi makanan atau supelemen probiotik, maka keseimbangan flora usus akan terpelihara. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan berbagai manfaat, inilah 10 diantaranya:
Membantu membersihkan saluran cerna dan memproduksi vitamin
Bakteri probiotik dapat membantu membersihkan saluran pencernaan dan semua membran mukosa tempat mereka hidup. Karena itu bisa membantu mengatasi masalah-masalah yang disebabkan sistem pencernaan yang tidak bekerja sebagaimana mestinya. Selain itu bakteri probiotik juga berfungsi memproduksi berbagai jenis vitamin B (B-3, B-5, B6, B-9 dan B-12).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar