Jumat, 09 Januari 2009

Kelopak Mata Bengkak, Waspadai Gangguan Ginjal

Kelopak Mata Bengkak, Waspadai Gangguan Ginjal

Surabaya - Kelopak mata bengkak saat bangun tidur. Atau wajah, tangan, perut dan kaki bengkak. Waspadai gejala yang mengarah ke penyakit ginjal.

"Orang yang mengalami gangguan ginjal, jangan dianggap remeh. Selama ini orang beranggapan bahwa penyakit ginjal itu disebabkan batu di orang ginjalnya. Padahal anggapan itu salah. Kenali gejalanya," kata ahli penyakit dalam RSU dr Soetomo Surabaya, dr Pranawa SpPD-KGH kepada detiksurabaya.com, Selasa (11/3/2008).

Pranawa menambahkan, masih banyak masyarakat yang masih menganggap remeh penyakit ini. Padahal ginjal merupakan organ vital yang mengatur kadar air dalam tubuh, menyaring sampah dan racun dalam darah serta mengatur kadar mineral dan vitamin dalam tubuh.

"Bila organ vital itu tidak berfungsi, maka tubuh seseorang tidak akan seimbang," tegasnya.

Gejala lain yang bisa dideteksi yakni, rasa lelah, lemah, kencing yang terasa sakit, kencing berwarna gelap atau kemerahan, sering kencing di malam hari dan sering terasa haus. Bila gejala tersebut ada, kata dia, maka rubahlah gaya hidup sehari-hari.

"Kurangi makan garam, menurunkan tekanan darah hingga di bawah 130/80 mmHg, mengurangi buah-buahan atau makan makanan yang mengandung kalium, makan protein dalam jumlah sedang dan tidak berlebihan. Sedapat mungkin hindari obat nyeri," tegasnya.

Jika, jelas dia, gangguan ginjal bisa diobati sejak dini maka pengobatan segera bisa dimulai. Hal ini untuk mencegah komplikasi yang timbul di kemudian hari. Seperti tekanan darah tinggi, gagal ginjal, penyakit jantung dan pembuluh darah, serangan jantung, stroke, penyakit tulang, kerusakan syaraf dan kekurangan darah (anemia).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar