Selasa, 13 Januari 2009

Makanan Tentukan Rambut Sehat

JIKA Anda memiliki masalah dengan rambut dimana dari hari ke minggu, rambut Anda makin tidak bagus, jangan salahkan shampoo yang Anda pakai, pernahkah Anda berpikir bahwa pola makan Anda mungkin sebagai penyebabnya?
Agar rambut berkilau, sehat dan terhindar dari kondisi seperti pengeringan kulit kepala, rambut memerlukan vitamin dan mineral yang benar untuk menjadi sehat. Rambut dapat juga menjadi tempat pertama untuk menentukan gejala-gejala lain dalam tubuh. Rambut kering dapat disebabkan oleh dehidrasi, rambut mati dapat disebabkan oleh kurang nutrisi, dan kerontokan dapat disebabkan oleh stres. Berikut beberapa cara makan untuk menjamin rambut sehat:

* Kerontokan
Rambut terbuat dari protein sehingga jika Anda tidak makan cukup protein, ini akan menyebabkan kekurangan zat besi dan akibatnya rambut rontok. Disarankan untuk mengonsumsi suplemen multivitamin termasuk vitamin C dan zat besi setiap hari. Anda juga dapat tingkatkan protein dengan minum minyak ikan, yang baik untuk kilau rambut dan sayuran berdaun hujau.

* Kulit Kepala Kering
Ini adalah tanda bahwa Anda tidak makan asam lemak yang cukup penting. Asam lemak adalah lemak polyunsaturated yang penting bagi kelembaban kulit dan sel rambut. Sumber untuk mendapatkan lemak ini adalah minyak ikan seperti salmon, mackerel, avokad dan kacang-kacangan.
Jika kulit kepala merah dan gatal, ini menunjukkan Anda terlalu banyak makan garam dan gula. Berbeda dengan keyakinan orang bahwa ketombe itu disebabkan oleh kulit kepala yang berminyak bukan karena keringnya kulit kepala. Untuk menghindarinya sebaiknya Anda cukup makan asam lemak, keramas dengan shampoo anti jamur atau shampoo minyak pohoh teh.

* Rambut Mati
Sulit untuk menemukan penyebab khusus rambut mati. Yakinlah Anda makan cukup buah-buahan dan sayuran untuk menjaga tubuh mendapatkan vitamin dan mineral yang cocok. Rambut kering disebabkan kurang zat besi dan seng. Rambut rapuh mungkin efek samping dari merokok, karena merokok dapat menyumbat aliran darah ke akar rambut. Rambut belah disebabkan kurang protein dan asam lemak.
Jika Anda telah mulai makan makanan yang dapat menyuburkan rambut, bersabar untuk menunggu hasil karena efeknya memakan waktu panjang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar