Sabtu, 10 Januari 2009

Manfaat Cabai

Cabai merupakan bahan dasar pembuatan sambal. Biasanya cabai berwarna merah atau hijau. Ada juga cabai yang digunakan untuk bahan campuran jamu. Jenis ini biasanya disebut cabai jawa atau ladang panjang (Piper retrofractum Vahl). Ketika masi muda, cabai jawa berwarna hijau. Namun kalau sudah tua berubah jadi merah.

Buahnya berbentuk bulir membulat, serta memiliki rasa pedas dan panas. Cabai jawa bisa mengusir dingin, menghilangkan nyeri (analgesik), peluruh keringat (diaforetik) dan peluruh kentut (karminatif, stimulan dan afrodisiak)
Namun tak sembarang buah bisa diambil manfaatnya. Khasiatnya lebih terasa pada buah yang telah tua, tapi belum matang bener.

Akarnya juga pedas, bersifat hangat dan berkhasiat sebagai tonik, diuretik,stomatik dan peluruh haid (emenagog).

4 MANFAAT dan KHASIAT CABAI HIJAU
1. meningkatkan vitalitas dan kebugaran tubuh
Caranya : ambil 6 butir cabai jawa yang sudah di cuci bersih, kemudian tumbuk menjadi bubuk. ambil 3 batang petai cina yg sudah di buat tepung, dua butir kuning telur dan madu secukupnya.
Aduk rata semua bahan diatas dan siap diminum setiap hari.

2. Membersihkan Rahim usai melahirkan
Cuci 3gr akar cabai jawa, lalu keringkan dan tumbuk menjadi bubuk. Seduh dgn secangkir air panas. Ramuan ini bisa diminum setiap hari. Selain untuk membersihkan rahim, ramuan ini juga bisa digunakan untuk obat kuat bagi lelaki

3. Mengatasi kejang perut
Caranya : sediakan tiga lembar daun cabai jawa, lalu cuci bersih dan tumbuk halus. Seduh dengan segelas air hangat. Diminum saat masi hangat untuk mengatasi kejang perut.

4.Mengusir pegal2 dan perut kembung
Cuci bersih 2 butir cabai jawa dan satu rimpang lempuyang, ditumbuk sampai halus. Oleskan atau tempelkan pada bagian tubuh yang pegal atau bagian perut yg kembung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar