Sabtu, 10 Januari 2009

Manfaat kacang hijau

Masyarakat Indonesia telah sejak lama mengenal kacang hijau sebagai makanan yang bergisi. Berbagai jenis makanan ( olahan ) asal kacang hijau antara lain adalah : Minuman kacang hijau, kue / panganan tradisional dan kecambah kacang hijau.

Sebagai salah satu famili legominoceae, kacang hijau mengandung protein tinggi yaitu 24% dalam menu masyarakat sehari-hari, kacang-kacangan adalah alternatif sumber protein nabati terbaik.

Secara tradisional ibu-ibu hamil, sering dianjurkan minum kacang hijau agar bayi yang dilahirkan mempunyai rambut yang lebat. Pertumbuhan zel-zel tubuh termasuk zel rambut memerlukan gizi yang baik, terutama protein, dan karena kacang hijau kaya akan protein, maka keinginan untuk mempunyai bayi berambut tebal, akan terwujud.

Vitamin yang menonjol dalam kacang hijau adalah, Vit B1 dan B2. Manusia tidak dapat menghasilkan vitamin didalam tubuhnya, oelh karena itu diperlukan asupan vitamin yang berasal dari bahan makanan.

Vitamin B1 juga bermanfaat untuk membantu proses pertumbuhan. Pertumbuhan anak-anak yang kurang baik, dapat disebabkan berbagai hal, terutama kekurangan energi dan protein.

Peran Vitamin B1 juga cukup m,enojol, sebagai komponen yang berguna untuk meningkatkan nafsu makan dan memperbaiki saluran pencernakan. Secara tak langsung peran ini sangat berkaitan oleh efek pertumbuhan berat badan. Vitamin B1 adalah bagian dari koenzim yang berperan penting dalam oksidasi karbohidrat untuk dirubah menjadi energi. Tanpa kehadiran Vitamin B1 tubuh akan mengalami kesulitan dalam memecahkan karbohidrat. Vitamin B1 konon di kenal sebagai Vitamin semangat.Tanda-tanda pertama orang yang kekurangan Vitamin B1 adalah : Penurunan kerja syaraf.

Kegiatan syaraf terganggu karena oksidasi karbohidrat terhambat. Penelitian pada sekelompok orang yang makanan nya kurang cukup mengandung Vitamin B1 dalam waktu singkat munculgejala-gejala mudah tersinggung, tidak mampu memusatkan pikiran dan kurang bersemangat. Hal ini mirip dengan tanda-tanda orang stres. Dampak jangka panjang yang terjadi adalah mudah lelah, kurang nafsu makan, berat badan turun, dan syeri syaraf.

Kebutuhan Vitamin B1 akan meningkat apabila kita bekerja dengan lebih banyak menggunakan tenaga ( energi ) Mereka yang rajin berolah-raga berarti juga memerlukan vitamin B1 lebih banyak, begitu pula anak-anak yang masih dalam pertumbuhan memerlukan jaminan energi dan protein yang cukup.

Kandungan Vitamin B2 ( reboflavin ) yang cukup tinggi dalam kacang hijau sangat bermanfaat bagi kesehatan. Vitamin B2 mempunyai fungsi kesehatan yang lebih beragam. sama hal nya seperti Vitamin B1, Vitamin B2 juga berperan membantu proses pertumbuhan. Salah satu teori menyebutkan bahwa Vitamin B2 dapat membantu penyerapan gula dan protein didalam tubuh. Kebutuhan Vitamin B2 berbeda-beda, tergantung umur, berat badan, asupan energi dan protein. Meskipun manusia dengan asupan Vitamin B2 yang rencah dapat hidup tanpa menunjukkan gejala-gejalan defisiensi yang berarti, namun kebanyakan ahli sependapat bahwa kecukupan Vitamin B2 akan menjamin kesehatan yang lebih baik.

Untuk memenuhi Vitamin B1 dan B2 didalam tubuh manusia, diperlukan makanan yang mengandung kacang hijau.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar