Selasa, 13 Januari 2009

Memilih Secara Tepat Warna Makanan

Di Jepang baru-baru ini diterbitkan sebuah buku resep masakan yang ditulis oleh pengarang asal Jepang. Isinya menegaskan bahwa warna makanan memiliki fungsi melipur suasana (perasaan), meningkatkan fungsi energi. Menurut laporan Economic News Jepang beberapa hari lalu, bahwa buku ini membagi warna lauk pauk dengan warna merah, merah muda, jingga, hijau dan 10 jenis warna lainnya. Dijelaskan satu persatu khasiat dari aneka warna makanan, makanan dari jenis warna yang bagaimana yang cocok dengan suasana hati kita, dan dalam buku resep tersebut juga disertai dengan keterangan cara memasaknya.

Merah. Dapat mendorong peredaran darah, membangkitkan semangat, mendorong orang menjalankan segala upaya pemikirannya. Makanan yang sesuai di antaranya adalah tomat, daging sapi, hati babi, cabai merah, strawberi dan apel.

Merah muda. Melambangkan cinta dan kepribadian wanita. Saat kita ingin merasakan cinta, kehangatan dan menjadi lembut, lauk merah muda memiliki khasiat positif. Makanan yang sesuai di antaranya buah persik, anggur merah dan daging babi.

Jingga. Adalah warna yang paling bisa merangsang nafsu makan. Warna ini dapat mengobarkan semangat saat susana hati kita sedang suram atau merasa cemas. Makanan yang sesuai di antaranya buah jeruk, mangga, wortel, bawang dan remis (kepah).

Kuning. Dapat merangsang saraf dan membangkitkan energi. Sangat membantu dalam hal memusatkan konsentrasi dan meningkatkan gairah belajar, khususnya cocok sebagai sarapan dan warna nasi kotak. Makanan yang sesuai di antaranya kentang, jagung, pisang dan kuning telur.

Hijau. Berguna untuk menstabilkan emosi dan mengurangi perasaan tegang. Khasiatnya akan meningkat jika dikonsumsi secara bersamaan dengan makanan warna lainnya. Makanan yang sesuai di antaranya bo cai (semacam sayur mirip bayam), kubis dan minyak zaitun.

Putih. Memiliki energi yang sangat kuat, dapat membantu membangkitkan kreativitas atau pemikiran yang positif. Makanan yang sesuai di antaranya pecai (sawi putih), lobak, tahu, susu, nasi, susu asam.

Hitam. Menjaga jasmani dan rohani, membuat orang tenang dan percaya diri. Makanan yang sesuai di antaranya ganggang laut, jenis jamur, wijen hitam dan gandum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar