Sabtu, 10 Januari 2009

Obat utk sakit kutil

Banyak orang yang dibagian anggota tubuhnya terdapat kutil.
Untuk menghilangkan kutil ini, ada sejenis tumbuh2an yang kasiatnya telah gw rasakan sendiri. Waktu gw klas 2 SD, di bagian sisi dalam siku tangan kiri gw terdapat kutil. Pengalaman beberapa orang, jika kutil dipotong biasa, memang lepas, tapi tak lama bisa tumbuh lagi.

Tapi dengan getah patah tulang ini, yang dioles ke bagian kutil dengan sedikit kapur sirih, tak lama kemudian kutil dapat lepas, dan tidak tumbuh lagi.

Pohon Patah Tulang ( Euphorbia tirucalli Linn)
Bagian yang paling banyak dimanfaatkan untuk obat adalah kulit batang dan getahnya. Getah patah tulang berwarna putih seperti susu, keluar ketika bagian kulitnya dilukai.
Di dalam getah ini terdapat senyawa euphorbone, taraksasterol, alaktucerol, euphol, senyawa damar yang rasanya tajam, zat karet, dan zat pahit.

Getah patah tulang juga digunakan sebagai obat penyakit kulit, seperti kudis dan herpes, kurap, tumor, kutil, dan kapalan (clavus). Namun, pemakainya harus berhati-hati, terutama terhadap getahnya yang lumayan beracun. Bila terkena mata, getah akan menimbulkan rasa gatal dan bengkak di kelopak mata. Kalau telanjur masuk mata, sebagai pertolongan pertama, aliri mata dengan air matang,atau cepat bilas dengan air kelapa atau santan terus konsultasikan dengan dokter.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar