Sabtu, 10 Januari 2009

Penyakit Dibalik Derita Kesemutan, Kram dll

Penyakit di Balik Derita kesemutan, Kram dan Mati Rasa
Kesemutan, kram dan mati rasa (kebas) memang bukan penyakit yang menyeramkan buat kita. Tapi jika gangguan ini merupakan pertanda dari adanya penyakit serius lain tentu menjadi menyeramkan. Penyakit apa yang ditandai dengan gangguan ini, bagaimana pula cara pengobatan dan penangkal agar tidak mudah terserang penyakit yang di ilmu kedokteran disebut dengan 3K ini?

Penyakit kesemutan, kram, mati rasa atau kram otot bisa jadi merupakan satu pertanda adanya penyakit akibat gangguan atau rusaknya bagian saraf tepi. Kerusakan atau gangguan pada saraf tepi ini, bisa diakibatkan oleh dua hal pertama karena adanya gangguan syaraf dan kedua rusaknya saraf. Kerusakan atau gangguan saraf ini misalnya terjadi pada fungsi pengatur alat indera perasa akibat saraf mengalami tekanan, misalnya karena seseorang duduk terlalu lama sehingga saraf tulang belakang tertekan. Dapat juga terjadi karena saraf terjepit akibat pengapuran misal pada tulang belakang. Tapi bisa juga saraf bagian tepi mengalami gangguan atau kerusakan akibat saraf tersebut sobek atau putus akibat kecelakaan. Namun seringkali rusaknya saraf tersebut juga dikarenakan adanya gangguan pada pembuluh darah. Aliran darah yang terganggu pada pembuluh darah sering menjadi penyebab terganggu atau rusaknya saraf manusia.

Kesemutan, kram, dan mati rasa atau kebas atau yang sering disebut 3K ini terjadi karena adanya gangguan pada pembuluh darah biasanya terjadi pada orang yang menderita penyakit. Penyakit yang biasanya ditandai dengan kesemutan, kram, atau mati rasa ini adalah diabetes dan kolesterol tinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar