Jumat, 09 Januari 2009

Tertawa itu sehat

5 menit tertawa

Hohoho, jangan pernah anggap remeh kekuatan tawa anda! Sebetulnya tawa itu mirip dengan olahraga. Alasannya adalah ketika Anda tertawa terbahak-bahak, Anda memasukkan oksigen yang akan meningkatkan pernapasan serta sirkulasi darah di tubuh. Ini artinya dengan tertawa Anda dapat menyehatkan jantung sekaligus menjaga tekanan darah agar tidak melonjak.

Tertawa lima menit dengan periode lima kali sehari juga disinyalir mampu untuk meningkatkan system kekebalan tubuh dan menekan stress. Jadi, ayo ajak teman-teman Anda untuk berkumpul dan tertawa bersama! Asalkan jangan tertawa sendirian, nanti orang-orang akan menyangka Anda ‘kurang sehat’


mungkin kalian udah pernah dengar kalo banyak yang bilang ketwa banyak manfaatnya. Dari yang ku tahu sih ketawa tuh punya beberapa manfaat seperti berikut :
1. ketawa membuat badan kita sehat.
Hal ini disebabkan karena adanya banyak gerakan dan perubahan yang dibuat oleh tubuh kita. Mulai dari bagian otak, hormon, pembuluh darah, otot, sampai organ – organ lain di tubuh kita. Jadi ketawa bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita, selain itu juga bisa menurunkan tekanan darah, detak jantung, dan mengurangi kolesterol jahat yang ada dalam tubuh.

2. ketawa membuat kita menjadi lebih awet muda.
Pada saat kita tertawa otot – otot muka kirta bakalan bergerak cepat dan kuat sehingga menimbulkan rasa rileks. Gerakan otot ini juga bisa menghilangkan kerut – kerut yang muncul di wajah. Dengan banyak ketwa kita menjadi lebih rileks dan otomatis pikiran negative pun hilang.

3. ketawa bisa mengurangi stress.
Ketawa bisa mengurangi emosi dan ketegangan. Ketawa selama 5 – 10 menit saja dapat merangsang keluarnya endhorpin dan serotonin, yaitu zat ang dapat menghilangkan rasa nyeri pada tubuh. Penggabungan zat – zat ini ternyata dapat membuat perasaan menjadi lebih tenang, tentram, dan nyaman, serta bahagia. Selain itu , ketwa juga bisa mengurangi pengeluaran zat adrenalin, kortisol, dan radikal bebas yang bisa memancing ketegangan, kecemasan dan ketakutan.

4. ketawa menunjukkan eksistensi
Kita sebgai pribadi yag ramah kadang kita suka mikir kalau kita ketawa muka kita jadi kelihatan aneh padahal kalo menurut aku ketika kita ketawa pancaran kebahagiaan yang ada dalam hati bisa tampak. Dan itu menunjukkan kalo kita punya kepribadian yang ramah dan menyenangkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar