Jumat, 09 Januari 2009

Tips Mandi, Keramas dan Pijat untuk Bayi

Berikut beberapa tips memandikan dan keramas bayi dengan aman;
1. Lepaskan pakaian bayi, tetapi biarkan popoknya. Bungkuslah tubuh bayi dengan handuk hangat saat mulai membasuh wajah dan keramas.
2. Bersihkan kedua mata bayi secara terpisah dengan bola kapas yang dicelupkan dalam air. Basuh secara lembut, menggunakan satu bola kapas untuk setiap sapuan, dari sudut dalam mata ke arah luar. Lanjutkan membasuh hidung, tengkuk dan telinga dengan seka basah. Jangan memasukkan apapun ke dalam telinga.
3. Pegang kepala bayi dengan tangan kiri, sementara tangan kanan membilas kepala bayi dengan air hangat.
4. Basahkan rambut bayi dengan air hangat dan tuangkan shampo bayi ke rambutnya.
5. Pijatlah kepala bayi dari depan ke belakang untuk meratakan shampo. Pemijatan harus dilakukan dengan lembut dan hati-hati karena tulang kepala bayi masih sangat lunak.
6. Setelah rata, shampo dibersihkan dengan air hangat. Kemudian bilas sampai bersih.
7. Bukalah popoknya dan rasakan sekali lagi suhu air dengan siku tangan ibu agar tidak terlalu dingin.
8. Bersihkan pantat bayi perlahan. Untuk bayi perempuan, bersihkan selalu dari depan ke belakang. Jangan tarik kulit depan penis bayi laki-laki. Jika sudah selesai memandikan, angkatlah bayi dan balut dengan handuk yang lembut. Tepuk-tepuk rambut dan badannya pelan-pelan hingga kering, terutama lipatan-lipatan kulitnya.
9. Periksa daerah pusat untuk melihat kemungkinan pembengkakan dan kelembaban. Kalau tali pusat sudah kering, bersihkan dengan bola kapas atau kapas pembersih yang telah dicelup ke dalam alkohol 70%. Terkadang tali pusat tidak memerlukan perhatian khusus, tetapi tetaplah berpedoman pada saran bidan atau dokter anak yang merawatnya.
10. Pijatlah bayi dengan lembut menggunakan minyak bayi, atau usapkan bedak bayi ke seluruh tubuh bayi. Rapikan rambut bayi dengan sisir atau sikat yang lembut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar