Selasa, 13 Januari 2009

Waspadai beberapa penyakit rheumatik sejak dini

Hati-hati dengan rheumatik. Kita sering tak sadar kalau nyeri sendi itu rheumatik jika tak dipedulikan bisa mengakibatkan kelumpuhan.

1 Rheumatik di usia 20 an

" Ada rheumatik jenis tertentu yang cuma bisa menyerang di usia 20 an. Salah satu keluhan adalah : sakit pinggang dalam waktu lama, bisa 3 bulan lebih. Padahal penderita tak pernah bekerja berat.Keluhan lainnya nyeri di persendian, tangan bersisik, mata merah, " kata dokter Cecilia.

Gejala awal berupa : nyeri, kaku, bengkak, kesemutan dikaki, tangan dan alat gerak lainnya. Nyeri rheumatik hampir sama dengan keseleo, namun rhematik dibarengi peradangan dipersendian, serta kulit memerah.

Penyebab dari rheumatik : untuk rheumatik jenis tertentu disebabkan faktor keturunan. Penyebab lainnya : asam urat, infeksi, pengapuran, kekebalan tubuh.

2 Asam Urat

Kelebihan Asam urat terjadi karena gangguan sistem metabolisme tubuh. Untuk kadar normal asam urat pada wanita 4-6 mg/100cc. Untuk laki-laki : 5-7 mg/100cc. Dalam kondisi kadar asar urat tinggi, dapat menimbulkan pengendapan dalam darah. Sehingga terbentuk kristal asam urat dalam jaringan, biasanya terjadi di sendi. Tubuh menganggap endapan itu sebagai benda asing yang harus diserang. Sehingga timbul peradangan dan rasa nyeri.

3 Infeksi

Infeksi terjadi karena virus dan kuman yang bersifat patogen masuk kedalam tubuh.Mereka masuk melalui luka dan masuk kedaalm sendi.

4 Pengapuran

Pengapuran terjadi pada penderita gangguan kelenjar gondok dan kencing manis, keropos tulang. gejalanya muncul pada tulang dan otot. Sayangnya proses pengeroposan ini tak menimbulkan rasa sakit. kalsium yang diambil dari tulang untuk kebutuhan tuhub sehari-hari tanpa kita sadari. Tiba-tiba kita merasakan nyeri ketika mengenakan pakaian.

5 Kekebalan Tubuh

Rheumatik terjadi karena gangguan fungsi kekebalan tubuh. Ini akibat sel kekebalan tubuh terlalu aktif. Rheumatik jenis ini menyerang banyak sendi. Biasanya yang terkena adalah jari-jari tangan. Jari terasa nyeri, kaku, terlihat meradang dan susah digerakkan.

6 Demam Reumatik Jantung

Penyakit ini awalnya dari infeksi tenggorokan. Ini akibat kuman masuk kedalam tubuh. Tubuh berusaha membunuh kuman. Namun struktur kuman ini mirip dengan struktur otot jantung, sehingga bisa masuk ke jantung. Sehingga mengganggu kerja jantung dan mengakibatkan kelainan katup jantung. Biasa menyerang anak usia 5-15 tahun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar