Sabtu, 10 Januari 2009

Atasi Kembung & Disentri

Keluarga bawang-bawangan, antara lain; bawang bombai, bawang merah, bawang putih, daun bawang, dan bawang prei dikenal sebagai bumbu yang memiliki segudang khasiat kesehatan. Bumbu yang memberikan aroma gurih pada masakan ini, juga mampu diandalkan untuk mengatasi kembung dan disentri. Beberapa zat dalam bawang mampu membantu mengeluarkan gas dalam perut (penyebab kembung).

Bawang bombai memiliki senyawa flavonoid yang dikenal sebagai senyawa sahabat jantung. Flavonoid termasuk antioksidan yang sangat ampuh menangkal akivitas sel radikal bebas dalam tubuh. Cara memperoleh manfaatnya, bawang bombai ini bisa dimakan mentah (untuk salad, acar), atau dimasak (ditumis, diolah menjadi sup krim, kari).

TIP SEHAT:

* Jenis bawang-bawangan, terutama bawang putih dan bawang bombai, berkhasiat menurunkan tekanan darah, mengurangi risiko terkena kanker, dan meringankan peradangan.
* Bawang bombai juga mengandung senyawa allil propil disulfida yang mempunyai sistem kerja serupa obat pengendali gula darah. Karena itu, bawang bombai baik untuk penderita diabetes.
* Sebuah hasil penelitian menyatakan bahwa untuk mencegah sakit maag agar tidak gampang kambuh, konsumsi 2 buah bawang bombai selama seminggu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar