Kamis, 08 Januari 2009

Belimbing - Hati hati mengkonsumsinya

Belimbing=Pembunuh?

Ini bukan lelucon. Tapi sebuah peringatan keras kepada seluruh pembaca. Konsumsi buah-buahan memang sering disarankan oleh tenaga medis dan masyarakat umum. Buah belimbing juga merupakan salah satu buah yang menjadi konsumsi rutin di masyarakat.

Tapi faktanya, di Shenzen, lebih dari 10 orang yang baru memakan buah belimbing akhirnya meninggal. Seorang warga Malaysia berusia 66 tahun yang menderita penyakit ginjal mengalami koma setelah memakan buah belimbing. Hanya butuh satu buah atau 100 ml jus belimbing untuk mengakibatkan keracunan semacam ini pada penderita gangguan ginjal. Tapi, bukan berarti anda yang tidak mengalami gangguan ginjal bisa terbebas dari kasus semacam ini.

Konsultan kesehatan dari Pusat Kesehatan Universitas Malaya menyatakan bahwa buah belimbing mengandung zat neurotoxin yang tidak ditemukan pada buah-buahan lainnya. Zat ini akan mempengaruhi otak dan saraf manusia. Pada tubuh yang sehat, ginjal bisa menyaring zat ini. Tapi, pada mereka yang memiliki gangguan ginjal, racun ini tidak bisa disaring dan malah memperburuk kondisi pemakannya.

Gejala-gejala keracunan belimbing adalah :
  1. Tersedak
  2. Mati rasa (baal) dan lemas
  3. Pusing
  4. Gelisah
  5. Gejala mirip epilepsi

Resiko kematian akan lebih besar pada anda yang menderita penyakit ginjal. Tapi anda yang masih sehat pun harus waspada terhadap racun ini. Bisa saja toksinnya menjadi lebih berpengaruh ketika vitalitas anda sedang berada dalam kondisi yang lemah. Lebih baik mencegah daripada mengobati!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar