Sabtu, 10 Januari 2009

Gangguan Kehamilan & Solusi

Anemia
Anemia seringkali disebabkan karena kurangnya zat besi saat mengalami kehamilan. Hal ini bisa terjadi baik karena makanan yang dikonsumsi memang kurang unsur zat besi atau karena tubuh tidak bisa menyerap zat besi dengan baik. Gejala yang biasa timbul akibat anemia adalah pucat, letih, lesu, jantung berdebar, sesak napas, dan mudah pingsan.

Solusi
Sebaiknya banyak mengkonsumsi makanan yang kaya zat besi seperti daging merah, hati, kacang2an, buah serta sayur berwarna hijau. Agar penyerapan lebih optimal sebaiknya lebih banyak mengkonsumsi vitamin C.

Sering Buang Air Kecil & Sembelit
Sering buang air kecil/beser bisa terjadi karena letak kandung kemih yang bersebelahan dengan rahim sehingga kapasitasnya berkurang karena membesarnya rahim. Unutk sembelit, bisa timbul karena meningkatnya hormon progesteron selama kehamilan.

Solusi
Jangan ditunda saat sudah ingin buang air kecil. Waspadai jika saat buang air terasa panas dan nyeri. Agar tidak sembelit, perbanyak makan buah dan sayur berserat serta minum air putih. Selain itu rutin buang air besar.

Mual & Muntah
Hali ini biasa terjadi pada ibu hamil di trisemester pertama atau pada awal kehamilan akibat peningkatan hormon esterogen. Karena sering terjadi di pagi hari saat bangun tidur, maka sering disebut dengan Morning Sickness.

Solusi
Minumlah teh hangat dan sedikit biskuit sebelum beranjak dari tempat tidur. Jika cukup berat, pemakaian obat maag jenis antasida dapat menetralkan asam lambung. Sebaiknya konsultasi dulu dengan dokter kandungan untuk dosis pemakaian.

Sakit Kepala
Selain problem di atas, masalah sakit kepala juga cukup menjengkelkan karena otomatis, aktifitas sehari-hari menjadi terganggu. Hal ini akibat pembuluh darah yang cenderung melebar, sehingga jantung harus memompa darah lebih kuat. Karena supply darah ke otak mungkin sempat terganggu, sehingga menimbulkan rasa sakit kepala.

Solusi
Sebaiknya rutin berolahraga ringan untuk memperkuat jantung dan pembuluh darah seperti meluangkan waktu beberapa menit untuk jalan pagi atau treadmill secara rutin 2 kali seminggu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar