Kamis, 08 Januari 2009

Stroberi pencegah kanker!

Stroberi punya bentuk yang unik, seperti hati. Warna buahnya yang sudah matang pun merah menggoda. Dan rasanya, luar biasa manis dan segar kalau kita beruntung mendapatkan yang kualitasnya tinggi. Buah mungil yang sering disebut buah cinta ini punya khasiat bagus untuk kesehatan tubuh.

Menurut USDA (United State Departement of Agriculture), stroberi mencegah kanker payudara dan leher rahim. Buah ini juga menekan risiko serangan jantung. Fungsi antioksidan stroberi turut disumbang kandungan vitamin C yang tinggi 56,7 mg per 100 gram. Berdasarkan standar Amerika Serikat, bila memakan delapan buah berukuran sedang mencukupi kebutuhan vitamin C per hari. Jumlah ini lebih tinggi ketimbang sebutir jeruk. Menurut The Iowa Womens Health Study, asupan vitamin C mereduksi risiko kanker hingga 37%.

Daftar kesaktian stroberi masih panjang. Buah yang pada zaman Yunani kuno diangkat sebagai lambang Dewi Cinta ini mampu mencegah jantung koroner dan menekan tekanan darah tinggi. Stroberi juga bisa mengatasi masalah pencernaan, hati, murus-murus, rematik, radang sendi dan encok. Makan stroberi juga bagus buat memutihkan gigi.

Khasiat yang dahsyat, stroberi bila dicampur bahan dasar lain, jadilah aneka minuman yang menyegarkan, seperti campuran buah stroberi segar dengan blue berry.

Stroberi sebagai instant radiant dengan mencampurkan tiga buah stroberi dan sesendok teh madu, hancurkan, namun jangan terlalu lembut.

Oleskan pada wajah dan diamkan 30 menit. Setelah masker agak mengering, gosok dengan gerak melingkar untuk meluruhkan sel-sel kulit mati dan melancarkan peredaran darah. Basuh dengan air dingin. Lakukan seminggu sekali. Vitamin C pada stroberi efektif mencerahkan kulit dan madu melembabkan kulit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar