Sabtu, 10 Januari 2009

Pisang bagi Kesehatan dan Kecantikan

Kata para peneliti, manusia merupakan hasil evolusi dari monyet sejak zaman purba kala. Hal ini masih menjadi kontroversi, mengingat secara kacamata iman kita tidak diajarkan demikian. Namun mungkin ada benarnya, bila melihat adanya kesamaan antara makanan utama monyet dengan buah yang banyak diminati oleh manusia, yaitu pisang.

Pisang bagi orang jaman dulu dapat dimanfaatkan sampai ke tunasnya. Maksudnya, tidak hanya buahnya saja yang dimakan tapi juga daun, getah dan tunasnya dapat dimanfaatkan. Tidak hanya itu, ternyata banyak mengkonsumsi pisang sangat berguna bagi tubuh manusia. Apakah anda sudah tahu?

Pisang mengandung banyak gizi, antara lain kalsium, lemak, mineral, vitamin, karbohidrat, protein. Dari kandungan inilah maka pisang ampuh memberikan manfaat bagi kesehatan dan kecantikan.

Dari segi kesehatan, pisang dapt mengatasi anemia karena mengandung zat besi yang cukup banyak, kemudian dapat mengatasi depresi dan stress karena pisang mengandung asam triptopthan yang kemudian diubah menjadi serotonin, yaitu zat yang dapat merubah suasana hati. Kandungan vitamin B6 di dalamnya mengatur kadar glukosa dalam darah yang dapat mengubah mood. Sedangkan saat stress, jantung berdegup kencang dan banyak kalium dalam tubuh yang terbuang.

Karena pisang mengandung banyak kaliun, maka dapat mengembalikan kadar kalium dalam tubuh dan melancarkan pengiriman oksigen ke otak.

Selain itu, pisang juga sangat baik bagi ibu yang mengandung. Karena, megandung asid folat yang mudah diserap oleh janin dan baik bagi perkembangan sistem saraf janin. Pisang dapat dijadikan sumber kekuatan tenaga karena mengandung gula yang dapat diubah sumber tenaga dan dapat menghilangkan rasa lelah.

Dari segi kecantikan, pisang biasa digunakan sebagai masker wajah, mengatasi rambut rusak dan menghaluskan tangan. Biasanya pisang dicampurkan dengan susu atau madu untuk memberikan hasil yang maksimal. Hal yang mungkin belum banyak diketahui oleh masyarakat banyak adalah pisang mampu membantu perokok mengatasi kecanduan nikotin karena kandungan B6 dan B12 di dalamnya membantu untuk menetralisir pengaruh nikotin.

Oleh sebab itu, jangan malu bila dibilang mirip monyet karena suka makan pisang. Terbukti pisang mempunyai banyak manfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar